Rabu, 14 Maret 2018

3 Inspirasi Rumah Klasik Idaman yang Megah dan Menawan


foto hanya ilustrasi


Memiliki hunian yang mewah dan megah adalah impian semua orang. seiring berkembangnya zaman, popularitas gaya hunian modern terus berkembang pula. Namun, meski begitu, semuanya tak bisa menggeser desain rumah klasik sebagai pilihan yang baik. Hunian dengan desain ini tidak berkurang penggemarnya, bahkan makin banyak saja.

Hanya saja, sekarang ini hunian klasik lebih banyak dimodifikasi sehingga menjadi lebih modern. Hunian model ini biasanya memiliki detail yang rumit pada beberapa bagian rumahnya seperti pada pintu masuk, jendel, ataupun atap. Anda ingin membangun hunian dengan gaya ini? Intip beberapa inspirasi hunian klasik bergaya modern ini.

1. Model Hunian Early Classical Revival
Salah satu inspirasi hunian klasik yang bisa Anda contoh adalah early classical revival. Hunian model ini biasanya memiliki cakupan teras bertingkat dengan dua dominan yang didukung oleh kolom-kolom Tuscan. Selain itu, ada juga tambahan balkon lantai dua dan langkan yang menyatu dengan detail yang sangat rumit.

Bila Anda pernah menonton flim-flim Yunani dan Roma zaman kuno, mungkin Anda akan menemukan detail ini seperti pada bangunan kuil-kuilnya. Bangunan dengan gaya sangat khas dan kental. Gaya ini sudah bertahan selama berabad-abad. Bentuk paling khasnya ada pada bagian bukaan jendela dan pintu yang simetri dan proporsional.

Berbagai elemen kunci pada bangunan ini misalnya terletak pada kolom tinggi dan pedimennya yang berbentuk segitiga yang berada di atap bagian bawah. Unsur ini adalah ciri khas dari rumah dengan model ini. Selain itu, ciri khas lainnya adalah terasnya yang bertingkat dua. Detail ornamennya juga bisanya berbentuk cornice yang rumit.

2. Model Hunian Greek Revival
Model hunian klasik berikutnya yang bisa Anda contoh adalah greek revival yang memiliki desain cornice yang menonjol. Selain itu, model ini juga memiliki detail ukiran di bawah lis atap dengan detail profil yang lebih sederhana ketimbang model early classical revival. Elemen kunci pada bangunan dengan model ini adalah kolom tinggi dan pedimen.

Pada bagian ini, model bangunannya biasanya mengikuti model kuil kuno Yunani yang memiliki detail tinggi namun lebih sederhana. Lalu pada bagian dinding eksterior, biasanya terbuat dari cladding kayu yang ditutupi dengan plester lalu dicat putih untuk menciptakan ilusi batu, bukan ditempel batu sungguhan seperti pada bangunan klasik sesungguhnya.

Pada segi molding, bangunan dengan model ini biasanya lebih sederhana ketimbang model early classical revival namun tetap berani. Tampilannya akan terlihat mewah karena interior dan ekteriornya. Sedangkan untuk detail ornamen, biasanya model ini punya lebih banyak detail, seperti pada jendela atap pada lantai dua yang ditambah pilaster.

Namun, pada perkembangannya, biasanya model hunian klasik yang satu ini mulai meninggalkan unsur kolom-kolom besar atau pedimennya yang rumit. Saat ini bentuknya jauh lebih sederhana meskipun tidak menghilangkan kesan klasik dengan kolom dan pedimennya.

3. Model Neoclassical
Kita sudah sama-sama ketahui bahwa gaya klasik masih tidak pernah mati bahkan semakin digandrungi dan terkesan mewah dan mahal. Selanjutnya model hunian bergaya klasik yang bisa Anda contoh adalah neoclassical. Model hunian dengan tipe ini dibagi menjadi tiga tipe utama, yakni bergaya kuil kuno, palladian dan bangunan blok klasik. Model rumah ini biasanya bisa Anda temukan pada model hunian di zaman Renaisans.

Model hunian dengan gaya ini populer di tahun 1880-an dan banyak ditemukan di berbagai belahan negara. Ada beberapa elemen penting dari hunian bergaya ini yang menjadi karakteristik utamanya. Elemen itu seperti pada bagian simetris. Bentuk dan keseimbangan bangunan mendominasi gaya ini.

Semua itu mengacu pada peraturan proporsi Yunani mengenai seni dan arsitektur bangunan yang digunakan. Lalu pada bagian kolomnya. Biasanya, pada bagian ini teras bagian depan terdiri dua lantai yang didukung deretan kolom yang bergaya doric dan jumlahnya selalu genap.  Jendelanya juga khas, selalu berdaun ganda dengan panel enam atau delapan buah.

Jendela ini juga selalu ditempatkan secara simetris pada fasad hunian dan biasanya diapit oleh daun jendela juga. Sedangkan pada bagian pintu utama, biasanya rumit. Pintunya seringkali memiliki elemen dekoratif dan pedimen yang rumit. Apalagi pada bagian atas pintu. Biasanya, ditemukan bentuk segitiga yang khas pada bagian ini.

Selain itu, masih ada banyak desain dan gaya bangunan lagi yang klasik dan mewah. Tanpa dipungkiri, setiap negara pasti memiliki model bangunan klasik tersendiri dengan ciri khas masing-masing. Namun, 3 gaya klasik di atas adalah yang paling mendunia dan sangat banyak digemari.

Sudah mendapatkan inspirasi yang tepat untuk gaya rumah Anda dari gaya hunian klasik yang megah dan menawan di atas? Apakah Anda tertarik untuk mengadopsinya? Jika iya, Anda harus benar-benar teliti dalam segi pembangunannya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan model hunian klasik yang mewah dan menawan namun modern.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.