Kamis, 19 Januari 2017

Perkembangan Desain Mata Uang Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Sekarang

Setiap Negara memiliki mata uang yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri mata uang yang di gunakan sebagai alat tukar yaitu rupiah. Menurut sejarahnya, mata uang rupiah resmi digunakan menginjak tahun 1949 an. Pada masa awal kemerdekaan Indonesia masih menggunakan ORI ( Oeang Republik Indonesia ). Penggunaan ORI sebagai mata uang Indonesia berakhir pada tahun 1949. 


Dulunya ORI di gunakan mulai tanggal 30 Oktober 1945 dan dicetak oleh perusahaan percetakan yang bernama Percetakan Canisius. Dan hanya di cetak di Yogyakarta. Dalam kurun waktu empat tahun ORI sudah mengalami tiga kali cetakan. Cetakan pertama pada 17 Oktober 1945, Cetakan kedua pada 1 Januari 1947, Cetakan ketiga pada 26 Juli 1947. ORI tergolong salah satu jenis mata uang yang memiliki nilai yang sangat rendah jika di bandingkan oleh mata uang yang di keluarkan oleh de Javasche Bank. Hingga pada akhirnya pada tahun 1949 ORI tidak lagi menjadi mata uang Indonesia, dan di ganti oleh Rupiah. untuk lebih jelasnya berbagai informasi tentang uang ini anda bisa membuka laman Finspi

Sejak mata uang rupiah digunakan, mulailah bermunculan beberapa bank milik Negara. Seperti Bank Indonesia, BNI dan juga BRI serta beberapa bank lainnya. Hal ini dilakukan supaya pemerintahan dapat mengakuisisi dunia perbankan dalam negeri serta menarik semua mata uang asing yang masuk di Indonesia pada waktu itu. Dan Bank Indonesia menjadi bank resmi milik pemerintah yang memiliki wewenang untuk mencetak dan meluncurkan mata uang di Indonesia hingga sekarang.

Mata uang yang dicetak pada tahun 1945
Di awal kemerdekaan Republik Indonesia, ada beberapa mata uang yang di luncurkan sebagai alat tukar pada jaman itu. Mata uang tersebut masih bernama ORI. Dan berikut contohnya desainnya

Mata uang yang dicetak pada tahun 1947
Pada tahun 1947 Indonesia masih menggunakan mata uang ORI sebagai alat tukar. Di tahun ini mata uang ORI lebih bervariatif nilainya. Berikut ini adalah desain gambar mata uang ORI yang di keluarkan waktu itu.

Mata uang yang diceta pada tahun 1949
Pada tahun 1949, Indonesia terakhir kali menggunakan mata uang ORI sebagai alat tukar. Dan di ganti dengan Rupiah.

Mata uang yang di cetak pada tahun 1950
Pada tahun1950, Indonesia sudah mulai menggunakan mata uang rupiah dan menghapus ORI sebagai mata uang Negara Republik Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.